RELA BERBAGI, IKHLAS MEMBERI DEMI MEMAJUKAN PENDIDIKAN DI KOTA BATAM; AYO SEMANGAT...!!!

Jumat, 16 Januari 2015

Hasil MGMP ke-6 di SMAN 16 Batam

Setelah liburan semester ganjil, guru-guru Matematika SMA/MA se-Kota Batam mengadakan pertemuan ilmiah
Berikut hasil MGMP ke-6 adalah sebagai berikut:
1. Pembagian sertifikat MGMP TA. 2013/2014
2. Info sertifikat acara SENDIMAT II, sudah sampai dan teknis pembagiannya MGMP yang akan datang di SMAN 15 Batam, kecuali yang memerlukan segera.
3. Mengkroscek kunci TO Kota IPA dan IPS;



teknisnya: guru-guru kerja kelompok mengkroscek hasil jawaban soal dengan metode kooperatif

4. Seminar KTI/ PTK, berikut penjelasan singkatnya:


Menulis Artikel:
1.       Judul
2.       Penulis (nama-tanpa gelar, email, tempat kerja)
3.       Abstrak-disertai kata kunci/kata sangat penting 2-6 kata (berisi 75-150 kata)
a.       Tujuan penelitian
b.      Metode
c.       Hasil
4.       Pendahuluan (tidak perlu ditulis eksplisit)
a.       Latarbelakang è ada kesenjangan antara teoritis/dasolen dan kenyataan dasain
Data-data kesalahan murid sangat penting, kalau diperlukan discan
b.      LB sekaligus ditopang dengan rujukan penelitian terkini è yang paling bagus jurnal  atau proceeding dan 10 tahun yang terakhir.
c.       Diakhiri pentingnya mengangkat masalah ini è aspek kegunaan
5.       Metode penelitian è tidak harus seperti skripsi, apabila penelitian kualitatif (misalnya: PTK, yang diteliti itu adalah tindakan yang ada di kelas)
Contoh:
Kelas I: pembelajaran langsung, mencatat
Kelas II: student center, diberikan LKS , pembelajaran bermakna
·         Jenis penelitian dan bagaimana penelitian yang dilakukan (pengambilan data dan pengolahan data)
·         Tidak perlu panjang
6.       Hasil dan pembahasanè deskripsikan tulisan dan kita simpulkan berdasarkan  teori-teori
Menguraikan data dan menginterpretasikan data dan pembahasan.
7.       Simpulan dan Saran
8.       Daftar Rujukan
Diutamakan jurnal atau proceeding (dicetak miring), tetapi apabila buku (judul dicetak miring).
50% rujukan < = 10 tahun (10 tahun terakhir)
                Jumlah halaman sekitar 8-14 halaman sebelum dilayout.
Contoh Awal pembelajaran
·         Biasanya : guru menjelaskan, memberi contoh soal, latihan soal, tes
Oleh karena itu, Penekanan pembelajaran Pada prosedur (cari buku/atikel terkait pembelajaran prosedur)
·         Siswa menghafal (artikel terkait siswa menghafal prosedur)
·         Soal dirubah (contoh hasil kerja siswa), pemecahan masalah (artikel  penting masalah)
·         Ternyata siswa mengalami kesulitan (perlu metode pembelajaran permainan)
Materi permutasi dan kombinasi hendaknya diajarkan secara parallel, karena kecenderungan siswa tidak bias membedakan soal dengan cara permutasi dan kombinasi.

5. Usulan pada setiap pertemuan MGMP hendaknya disisipkan materi pelatihan yang  urgensinya lebih tinggi dan kebermanfaatannya lebih banyak.
6. Informasi MGMP dua minggu ke depan adalah SMAN 15 Batam, tanggal 31 Januari 2014.
terima kasih atas kekompakan peserta MGMP, mudah-mudahan bermafaat bagi kita semua

Daftar Hadir MGMP

Hormat Kami
Tim MGMP


Tidak ada komentar:

Posting Komentar