RELA BERBAGI, IKHLAS MEMBERI DEMI MEMAJUKAN PENDIDIKAN DI KOTA BATAM; AYO SEMANGAT...!!!

Jumat, 17 Oktober 2014

Hasil pertemuan MGMP ke-4 Di SMAN 14 Batam

Hasil pertemuan MGMP ke-4
1. Deskripsi elemen perubahan yang terjadi pada implementasi Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:
a. Saya mencermati tanggapan-tanggapan cukup ramai tentang kurikulum 2013, saling mengisi berpadu dengan solusi. Dengan kurikulum 2013 sebenarnya kita tetap CBSA yaitu "Cara Belajar Semua Aktif". Ada pembaharuan proses saintifik, kita sekaligus bisa "menangkap" sikap siswa yang muncul. Akan sangat berbeda pembelajaran dengan "pengumuman" dibanding dengan "penemuan"
b. Elemen perubahan,yang terjadi:
  1. Kompetensi Lulusan: Adanya peningkatan dan keseimbangan antara soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  2. Kedudukan Mata Pelajaran : Kompetensi yang semula diturunkan dari mata pelajaran berubah menjadi mata pelajaran dikembangkan dari kompetensi
  3. Pendekatantematik terpadu di SD, tematik terpadu pada IPA dan IPS di SMP dan pendekatan mata pelajaran, serta peminatan di SMA dan SMK.
  4. Standar Proses : Yang semula terfokus pada Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi  dilengkapi dengan Mengamati, Menanya, Mengolah, Menyajikan, Menyimpulkan, dan Mencipta (scientifik). Belajar tidak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga di  lingkungan sekolah dan masyarakat, guru bukan satu-satunya sumber belajar, dan sikap tidak diajarkan secara verbal, tetapi melalui contoh dan teladan.
  5. Standar Penilaian : Penilaian berbasis kompetensi, adanya pergeseran dari penilain melalui tes (mengukur kompetensi pengetahuan berdasarkan hasil saja), menuju penilaian otentik (mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil). Memperkuat PAK (Penilaian Acuan Kriteria) yaitu pencapaian hasil belajar didasarkan pada posisi skor yang diperolehnya terhadap skor ideal (maksimal), Penilaian tidak hanya pada level KD, tetapi juga kompetensi inti dan SKL, dan mendorong pemanfaatan portofolio yang dibuat siswa sebagai instrumen utama penilaian.
c. Selain itu kita hendaknya juga membedakan antara konsep dan implementasi. Jadi jika nanti ada kekeliruan berkaitan dengan kurikulum 2013 umunya bagian implementasi, bukan di konsep atau orang mengatakan ruh-nya. Misalnya buku mungkin ada salah cetak,salah letak dst, ini bagian implementasi
d. Berkaitan peraturan baru, kita perlu mencermati peraturan itu sudah diundangkan atau belum (dapat dilihat di www.kemenkumham.go.id bagian peraturan menteri). terdapat pada "permendikbud baru", misalnya no.59.
2. Penilaian pengetahuan, dan keterampilan sudah familiar dengan kita., sekarang kita bahas penilaian sikap. Berkaitan dengan penilaian sikap pada kurikulum 2013, bagaimana cara menilai sikap dari sekian banyak siswa? Bagaimana pula menentukan kriteria amat baik, baik, cukup dan kurang? berikut ulasannya:
kita mencoba membagi sikap yang dinilai disesuaikan dengan topik yang dibahas. Dengan demikian, pada setiap topik saya coba menilai paling banyak 5 sikap, rata-rata 3 sikap. Penilaiannya kita gunakan format observasi. Pada setiap pertemuan saya mengamati perilaku yang kurang baik (menyimpang) dari semua siswa. Jumlahnya biasanya tidak banyak. Selebihnya, kita memberi penilaian baik. 
Untuk penentuan nilai amat baik, baik, cukup dan kurang saya gunakan rubrik. Namun secara umum, yang kita perhatikan adalah apakah suatu sikap dilakukan secara konsisten atau tidak. Yang konsisten diberi nilai "amat baik", yang kurang konsisten diberi nilai "baik", yang tidak konsisten diberi nilai "cukup" dan yang menyimpang diberi nilai "kurang".
Dalam kurikulum 2013 penilaian sikap bersumber dari hasil penilaian melalui teknik observasi, penilaian diri, penilaian antarpeserta didik, dan jurnal. Instrumen yang digunakan untuk observasi, penilaian diri, dan penilaian antarpeserta didik adalah daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik. Sedangkan pada jurnal berupa catatan pendidik.
Contoh: misalkan suatu penilaian sikap peduli menghasilkan skor 3,6 dengan teknik penilaian antarpeserta didik, dan skor 2,8 dengan observasi guru. Apabila bobot penilaian antarpeserta didik adalah 1, sedangkan observasi 2, maka perolehan skor akhir adalah :
skor akhir = [(3,6 x 1)+(2,8 x 2) ] /3 = 3,06667 =3,07
krn skor akhir = 3,07 maka nilainya Baik (B)
3. Informasi SENDIMAT II di Mitra MGMP MATEMATIKA BATAM yang bertempat di SMAN 3 Batam tanggal 28 November 2014 08.00 - 11.30 , diharapkan peserta mengisi biodata pemakalah / non pemakalah (daftar terlampir) dikumpulkan pada pertemuan ke-5  di SMAN 5.
4. KTI dan penggunaan internet sebagai daftar pustaka dapat digunakan dan dijelaskan dalam modul berikut.
silahkan: https://www.dropbox.com/s/brwfd3xv42yaot2/HASIL%20MGMP%20KE-4.rar?dl=0


Hormat Kami
Tim MGMP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar